Thursday, December 09, 2010

Semifinal Piala AFF 2010

Indonesia akan melawan Filipina di babak semifinal Piala AFF 2010. Laga semifinal Piala AFF 2010 ini memakai sistem home & away. Para pemenang di semifinal nantinya akan bertemu di final yang juga memakai sistem yang sama. Indonesia melaju ke semifinal setelah tampil luar biasa dengan menjurai Grup A, sedangkan lawannya yakni Filipina melaju ke semifinal setelah menjadi runner-up Grup B. Adapun Vietnam yang menjadi Juara Grup A bertemu dengan Malaysia yang menjadi Runner-up Grup A. Timnas Filipina tidak akan tampil di depan publiknya saat menjamu Indonesia di semifinal Piala AFF 2010. Sebagai gantinya, Filipina justru mengajukan permintaan untuk tampil di kandang Indonesia dengan alasan tidak ada satupun stadion di Filipina yang dianggap layak oleh AFF untuk menggelar partai internasional sekelas semifinal Piala AFF 2010, maka Filipina dinyatakan tidak bisa menggelar pertandingan kandang. Head to Head
Persaingan antara kedua timnas sudah terjadi sejak tahun 1950an. Sudah 17 kali kedua negara bertemu. Indonesia 16 kali menang. Satu pertandingan lainnya berakhir imbang.

Terakhir kali kedua tim bertemu di tahun 2002. Pada pertandingan di Piala Tiger itu, Sugiantoro dan kawan-kawan berpesta dengan kemenangan 13-1. Saat itu pertandingan digelar di Stadion Utama Senayan. Bambang Pamungkas mencetak empat gol di pertandingan ini.
Indonesia sudah melesakkan 80 gol ke jala Filipina dalam 17 pertemuan. Filipina sendiri punya koleksi 8 gol. Di Piala Presiden 1972, Indonesia juga menang telak atas Filipina. 12-0 Merah Putih menang. Di akhir turnamen, Indonesia menjadi juara kedua setelah kalah 1-3 dari Birma.

Satu-satunya hasil imbang antara kedua negara terjadi di SEA Games 1977 di Kuala lumpur. Skor akhir 1-1. Kedua tim akan berjumpa lagi di semifinal Piala AFF 2010. Indonesia yang punya rekor 100 persen di Grup A tak pelak menjadi favorit dibanding Filipina yang menjadi runner up Grup B dengan satu kemenangan dan dua imbang. Namun dalam sepakbola, segala kemungkinan bisa terjadi.
Dimanapun tempatnya dan bagaimanapun keadaannya kita tentu berharap para pemain Timnas Indonesia dapat mengatasi pemain Filipina dilapangan dan melaju ke babak final Piala AFF 2010.
Jadwal Semifinal Piala AFF

VIETNAM VS MALAYSIA

* Leg 1 Malaysia VS Vietnam -> Malaysia (Tuan Rumah) -> 15 Desember 2010
* Leg 2 Vietnam VS Malaysia -> Vietnam (Tuan Rumah) -> 18 Desember 2010

INDONESIA VS FILIFINA

* Leg Filipina VS Indonesia -> Filipina (Tuan Rumah) -> 16 Desember 2010
* Leg 2 Indonesia VS Filipina -> Indonesia (Tuan Rumah) -> 19 Desember 2010

0 comments:

Post a Comment