Thursday, July 08, 2010

Final Pertama Spanyol Di Piala Dunia

Spanyol, negara yang dijuluki El Matador memiliki segudang pemain bintang dan bakat luar biasa, soal prestasi..? Meski selalu dihiasi bakat-bakat hebat, Spanyol bukanlah tim yang berprestasi istimewa di Piala Dunia. Baru di Piala Dunia 2010 ini Espana berhasil melaju ke partai puncak. Sekaligus menjadikan Final pertama Spanyol di Piala Dunia dan mencetak sejarah baru bagi bagi Spanyol. Spanyol melaju ke babak Final setelah mengalahkan Jerman dengan skor 1-0, goal dicetak oleh Carles Puyol dimenit ke-73.

Spanyol membuka peluang untuk membuat sejarah lebih besar dengan menjadi juara dunia untuk pertama kalinya. Di final 11 Juli mendatang, Spanyol akan menghadapi Belanda yang menyingkirkan Uruguay di semifinal.  Keberhasilan menjejak partai final untuk meladeni Belanda sangat layak disambut gembira oleh Spanyol. Sebab, dari sejak pertama kali ikut Piala Dunia 1934, inilah prestasi terbaik La Furia Roja.

Prestasi terbaik Spanyol sebelum ini hanyalah menjadi tim peringkat keempat di Piala Dunia 1950. Namun saat itu tidak ada semifinal dan final seperti yang kita kenal saat ini, hanya ada pertarungan round robin antara empat tim: Uruguay, Brasil, Swedia dan Spanyol. Setelah tahun 1950, Spanyol malah hancur-hancuran dengan tidak lolos ke putaran final 1954 dan 1958; juga di Piala Dunia 1970 dan 1974. Selain itu, Spanyol lolos tapi maksimal mentok di perempatfinal.Spanyol tiga kali lolos ke delapan besar, yakni tahun 1986 di Meksiko, 1994 di Amerika Serikat dan tahun 2002 di Korea Selatan/Jepang.

Namun grafik prestasi Spanyol mulai meningkat sejak menjuarai Piala Eropa 2008. Dengan para pemain-pemain kelas satu, akhirnya si Matador berhasil menjejak finalnya yang pertama. Final Piala Dunia ini memang penuh sensasi dan sejarah. Siapapun pemenang dalam laga final nanti akan mencatatkan sejarah baru karena Spanyol dan belanda belum pernah merasakan menjadi jawara selama Ajang Piala Dunia berlangsung.

2 comments:

Manchester United Tech said...

ane dukung Spanyol jadi Juara Dunia...

admin said...

sama bro.. terima kasih sama Spanyol yang udah ngalain jerman..

Post a Comment