Monday, July 19, 2010

Sepakbola Kampung tapi Tidak Kampungan

       Olahraga paling akbar didunia sekaligus menjadi tontonan bagi milyaran umat manusia. Ya, Sepakbola namanya, trus berkembang selaras dengan perkembangan dunia. Sudah bukan hal yang aneh lagi apabila kita mendengar kata sepakbola, setiap sudut kota maupun di tempat terpencilpun semua tau apa itu sepakbola. Sepakbola ditempat terpencil atau orang sering menyebut Sepakbola kampung merupakan hal menarik yang patut kita ikuti dan seharusnya mendapat perhatian dari Pencari bakat sepakbola dinegeri ini. Seperti yang telah kita ketahui, kebanyakan tim di indonesia pencarian bakat dilakukan di SSB (Sekolah Sepakbola) tanpa sadar ataupun karena ada faktor lain banyak sekali bakat-bakat sepakbola dikampung-kampung terpencil. 

       17 Agustus adalah hari kemerdekaan negara kita yang diperingati secara meriah dan selalu istimewa bagi masyarakat indonesia, tak terkecuali turnament Sepakbola Kampung Tahunan yang dilaksanakan setiap perayaan hari kemerdekaan RI. Disitu kita bisa liat ratusan anak-anak yang mempunyai bakat sepakbola yang luar biasa, mereka pemain amatir namun bermain layaknya pesepakbola profesional dari cara menggocek mereka, selebrasi ataupun aksi-aksi yang memukau. Kenapa pencari bakat tidak sampai ke Kampung-kampung tersebut, padahal mereka sangat berbakat dan mempunyai talenta yang harusnya diberi wadah dan bimbingan oleh pihak yang bertanggung jawab untuk kemajuan sepakbola kita. 

       Sepakbola modern selalu menunjukkan permainan cantik dan menghibur yang didasari dengan pembibitan bakat yang bagus, sepakbola kampung pun mencoba mempraktekan hal tersebut sehingga walaupun namanya Sepakbola Kampung Tapi Tidak Kampungan. Inilah yang menjadi hal menarik dari sepakbola kampung, perlu diingat juga bahwa Roberto Carlos, Rivaldo dan banyak bintang lainnya yang berasal dari sepakbola kampung sebelum akhirnya mereka menjadi bintang. Dilihat dari fasilitas Sepakbola kampung diindonesia saya kira lebih unggul dari sepakbola kampung diluar negeri, kita lihat di Brazil orang-orang kampung disana bermain bola di pantai, jalan, dan gedung-gedung yang sudah tidak terpakai. Di Indonesia, hampir setiap kampung memilki lapangan Bola walaupun tergolong kurang memadai tapi setidaknya negeri kita lebih unggul masalah sepakbola kampung dengan negara lain. 

        Bagaimana dengan pembibitan bakat-bakat yang ada? patut dipertanyakan, dari sekian juta bangsa indonesia yang bisa bermain bola kurang mendapatkan perhatian saya rasa. Dari situlah harusnya SSB mencari bakat, coba ada acara di TV semisal "Indonesia Mencari Bakat" ada acara khusus yang meliput sepakbola kampung yang diadakan PSSI misalnya"PSSI mencari Bakat" dengan mengadakan turnament dikampung-kampung. Pasti akan menemukan banyak bakat terpendam dari sepakbola kampung. Namun semua itu juga harus didukung dengan Koordinasi dan biaya yang istimewa.
        Semoga menjadi acuan saja bahwa Sepakbola Kampung tapi Tidak Kampungan memang layak untuk menjadi agenda masa depan kita dan bisa memberi yang terbaik bagi bangsa Indonesia. 
Bravo Sepakbola Indonesia!!!!

2 comments:

Shanty Kediri said...

Follow me,... Visit PERSIK KEDIRI INDONESIA

BOLA said...

Sepak bola memang hiburan yang merakyat...

Post a Comment