Wednesday, April 13, 2011

Barcelona melaju Ke Semi-Final

Barcelona tinggal menanti pemenang dari pertandingan Tottenham Hotspur lawan Real Madrid. Lionel Messi memastikan langkah Barcelona ke semi-final Liga Champions usai mengalahkan Shakhtar Donetsk 1-0 di Donbass Arena, Rabu (13/4), dinihari WIB. Kemenangan tersebut membuat pasukan Blaugrana unggul secara agregat 6-1.

Dengan sukses ini, Barca sekarang hanya tinggal menanti pemenang dari pertandingan Tottenham Hotspur kontra Real Madrid yang baru akan menggelar pertandingannya Kamis dinihari esok. Madrid saat ini telah mengantungi kemenangan 4-0 dari pertemuan pertamanya dengan Tottenham. Pemenang dari pertandingan tersebut akan menjadi lawan Barca di semi-final Liga Champions.

Menghadapi laga ini, pelatih Shakhtar harus kehilangan dua pemain pilarnya Dario Srna dan Razvan Rat. Kedua pemain tersebut absen karena mengalami cedera. Sebaliknya di kubu Barca, pelatih Pep Guardiola tak memboyong Andres Iniesta yang tengah menjalani hukuman akumulasi kartu. Walau tidak diperkuat dua pemain pilarnya, Shakhtar masih tetap mampu menunjukkan perlawanan sengit. Di awal-awal babak, anak asuh Mircea Lucescu ini sempat membuat kejutan ke lini pertahanan Barca.

Delapan menit pertandingan baru berjalan, Douglas Costa melepaskan sebuah tendangan terarah. Tetapi pada saat itu tendangan kerasnya masih bisa diantisipasi dengan baik oleh kiper Barcelona Victor Valdes.

Hal serupa juga kembali lagi diulanginya pada menit ke-14. Namun untuk kali kedua pula, Valdes masih bisa menepis usaha pemain Shakhtar yang ingin membobol gawang el Blaugrana.

Meski sempat ditekan di awal penampilan, Barca tetap kehilangan kemampuannya untuk balik menyerang. Peluang terbaik Barca sempat didapat pada menit ke-28 lewat tendangan keras dari Lionel Messi. Bola yang diterima dari Sergio Busquets langsung disambut dengan sebuah tendangan dari jarak 25 yard oleh Messi. Tetapi usaha itu masih belum mendapatkan hasil.

Sampai pertengahan babak, Barca memperlihatkan dominasinya atas Shakhtar dengan penguasaan bola hampir 59 persen. Peluang-peluang yang sempat didapat pemain Barca tidak hanya pada sosok Messi saja. Tetapi Ibrahim Affelay sempat pula memperoleh kesempatan di menit ke-42. Namun kerja keras striker muda berbakat milik Barca ini juga masih menemui jalan buntu.

Barca akhirnya baru bisa memastikan keunggulannya saat pertandingan tersisa dua menit pada waktu normal. Gol tersebut dicetak oleh Messi usai menerima umpan dari Dani Alves. Bola yang ditendang dengan kaki kiri itu langsung mengalir tak terkawal di sudut kanan gawang Shakhtar. Gol tersebut merupakan yang kesembilan dikoleksi Messi di Liga Champions musim ini.

Berbekal gol dari Messi tersebut membuat penampilan Barca menjadi lebih tak banyak beban saat memasuki babak kedua. Sebaliknya tim lawan berusaha sekuat tenaga sambil menanti datangnya keajaiban sebagai modal untuk mengejar defisit lima gol.

Usaha itu sempat dirintis oleh Jadson, Luiz Adriano maupun Eduardo yang baru dimainkan di pertengahan babak. Sayangnya, tembok pertahanan Barca yang berlapis selalu saja membuat kandas usaha dari para pemain Shakhtar.

Barca di babak ini juga tetap tidak ada mengendurkan serangannya ke jantung pertahanan tim tuan rumah. Di menit ke-59, serangan yang dibangun oleh Messi kembali lagi membuat kekacauan di lini pertahanan Shakhtar. Di menit ini Alves sempat memanfaatkan bola rebound, namun tendangannya juga masih belum menemukan sasaran terbaiknya.

Selanjutnya di menit ke-74, usaha Shakhtar yang dibangun lewat kerjasama Henrik Mkhitaryan dan Eduardo nyaris saja membuahkan hasil. Tetapi lagi-lagi, kiper Valdes dengan begitu gemilang masih mampu mementahkan peluang yang didapat pemain Shakhtar tersebut. Dan sampai pertandingan berakhir usaha Shakhtar untuk mencuri gol ke gawang Barca tetap tidak bisa membuahkan hasil.

Sumber : Goal.com

0 comments:

Post a Comment